Gubernur Jawa Timur Soekarwo memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan provinsi ini disegala bidang. Bukan melulu sektor perekonomian,bidang seni,budaya,dan pariwisata juga mendapat perhatian penuh.
    Jawa Timur yang luas mencapai 47.992 kilometer persegi dan terbagi menjadi 38 daerah tingkat dua memiliki potensi besar untuk menjadi daerah wisata,sebab dikota memiliki ciri khas tersndiri yang menarik turis, entah itu berupa daerah wisata, kesenian, maupun hasil-hasil kerajianannya. Karena itu , upaya pak Karwo untuk memoles Jatim menjadi provinsi wisata sebenarnya sangat beralasan. (dikutip: Jawa Pos hal.18 30 juli 2013) /Preo.

Sebagai contoh kota kecil seperti madiun yang sangat terkenal dengan pecelnya (makanan khas madiun), pecel adalah identitas madiun dimana orang yang mendengar kata pecel pasti pikirannya Madiun. ada juga Brem (jajanan Khas madiun) yang sebagian besar diproduksi di desa Kaliabu Kabupaten Madiun,atau lebih dekat dengan kota caruban, brem adalah jajanan khas madiun yg terbuat dari ketan yang di fermentasikan, ada juga Batik Kenongo yang baru-baru ini menjadi sorotan pemerintah provinsi Jawa timur yang dimana batik kenongo mempunyai khas tersendiri yaitu dengan corak bunga kenongo, sesuai dengan namannya batik kenongo juga diproduksi di Kenongo rejo yang konon desa ini banyak sekali ditumbuhi pohon kenanga atau desa Kenongo Rejo kecamatan Pilangkenceng Madiun,  Tak hanya itu Gubernur Jawa Timur beserta istrinya juga sempat mengunjungi tempat produksinya langsung. yang berlanjut menjadi agenda pemerintah untuk pengembangan kerajinan daerah, disisi lain daerah Kenongo rejo juga memiliki banyak potensi lain, masyarakat yang banyak menyukai seni batik adalah modal kenongorejo membangun kerajinan batik di daerah itu. yang saat sudah merambah kedunia pendidikan dengan memberikan modul kesenian batik kepada sekolah-sekolah daerah madiun. dengan harapan kesenian batik tetap akan lestari.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi potensi yang dapat di gali di desa ini, karena secara geografis desa kenongo rejo juga termasuk desa yang subur, itu terbukti dengan kawasan persawahan yang begitu hijau saat musim padi, juga saluran irigasi yang lumayan bagus. demikian juga SDM yang sangat bersemangat membangun desa mereka agar tetap lestari, dan masih banyak juga yang perlu disoroti oleh pemerintah termasuk pemuda desa yang kreatif,pembangunan organisasi sosial seperti Karang Taruna yang sebenarnya perlu dampingan dari pemerintah.

Program Pembangunan desa percontohan untuk menjadikan setiap dusun kalau perlu bisa menjadi tempat wisata untuk masyarakat itu sendiri tentunya.